News

Q-DAS Statistics

Software untuk Statistical Process Control

Dewasa ini, dunia industri sudah memasuki era baru, yaitu Industry 4.0. Sistem operasinya dijalankan menggunakan IoT (Internet of Things). Hexagon baru saja merilis software Q-DAS yang akan membantu berjalannya industry 4.0 tersebut. Software tersebut akan membantu membaca kualitas sebuah produk serja alat produksinya. Data terkait kualitas merupakan hal vitas untuk proses evaluasi dan juga kontrol. Q-DAS memberikan kustomisasi terhadap semua jenis industri, aplikasi, dan kebutuhan.

  • SPC untuk Dokumentasi Proses

Q-DAS O-QIS memberikan SPC (Statistical Process Control) dengan grafik yang menarik, seperti grafik QC, grafik nilai, dan grafik batang, dll). Grafik tersebut memvisualisasikan hasil perhitungan dan membantu users dalam mengevaluasi.

Software ini juga memungkinkan untuk melakukan pemindahan data langsung dari alat pengukuran portabel, alat pengukuran multipoint melalui RS232 atau USB interface. Users dapat mengatur software tergantung kebutuhan–mulai dari konfigurasi paling sederhana sampai konfigurasi khusus.

  • Online Alarm Monitoring Creates Transparency

Dapat merekam data massal dalam waktu singkat dengan visualisasi secara aktual dan alarm yang akan memonitor kinerja alat. Tampilan dapat berupa grafik tren dari nilai yang diukur atau indikasi dari setiap fasilitas produksi, Q-DAS akan menampilkan grafik dan tabel sesuai kebutuhan.

  • Real-Time Visualisation for Smart Decisions

Visualisasi dari setiap pengukuran melalui alat ukur, seperti menggunakan CMM (Coordinate Measuring Machine) atau alat ukur yang kompleks. Software akan memfokuskan perhatian pada ciri-ciri terjadinya masalah pada alat sehingga akan memudahkan dalam mengidentifikasikan titik lemah pada sebuah proses produksi.

  • Alert Function Raises Confidence

Sebagai upaya untuk meminimalisasikan resiko deviasi dari spesifikasi target, Q-DAS akan secara langsung memeriksa apakah nilai yang diukur sudah sesuai. Ada beberapa cara untuk menginformasikan users tertentu terhadap alarm.

  • Reports

Software akan memberikan laporan terhadap keseluruhan berupa statistic dan grafik, biasanya melaporkan kemampuan dari proses pengukuran. Laporan dapat ditampilkan dalam bentuk PDF melalui printout atau email. Hasil laporan juga cukup mudah untuk diintegrasikan dengan sistem dari pihak ketiga

Share it on

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Artikel lainnya: